• diskominfo@lomboktengahkab.go.id
Nest  

DESA SIAP PUNYA KADER KEAMANAN PANGAN DESA

Praya, Diskominfo Kabupaten Lombok Tengah - Senin 8 Mei 2023 Balai besar POM Kota Mataram mengadakan Bimbingan Teknis Kader Keamanan Pangan Desa di Kantor Bupati Kabupaten Lombok Tengah bertempat di Ballroom Lantai 5 Kantor Bupati Kabupaten Lombok Tengah. Yang dihadiri oleh Asisten I Sekda Kabupaten Lombok Tengah Drs.H.L.Wiraningsun,MH,  Kepala Balai Besar POM Kota Mataram Ibu Dra. I Gusti Ayu Adhi Aryapatni, Apt serta Kepala Dinas terkait.


Peserta Bimtek Desa Pangan Amana merupakan perwakilan dari 4 Desa di Kabupaten Lombok Tengah. Desa Setiling, Desa Sintung, Desa Teruai dan Desa Lendang Are sebagai peserta.  Dengan total peserta sebanyak 104 Peserta.





Bimtek dibuka oleh Asisten I Sekda Kabupaten Lombok Tengah Drs.H.L.Wiraningsun,MH yang mewakili Bupati Kabupaten Lombok Tengah. Pada Pidato pembukaannya Bapak Asisten I Sekda kabupaten Lombok menghimbau agar Bimtek ini diikuti dengan serius oleh Kader Desa agar bisa membantu Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah menurunkan angka stunting yang ada di Kabupaten Lombok Tengah dengan tersedianya keamanan pangan yang steril bersih dan sudah teruji kualitasnya serta masyarakat kabupaten Lombok Tengah juga bisa meningkatkan daya saing produk UMKM sampai bisa di ekspor ke Luar Negri.

“Dengan Bimtek ini akan menghasilakn UMKM dengan produk yang mampu berdaya saing” ujarnya.



 

Sedangkan Kepala Balai Besar POM Kota Mataram Ibu Dra. I Gusti Ayu Adhi Aryapatni, Apt menegaskan kembali bahwa program ini bertujuan untuk meningkatkan keamanan pangan desa yang lebih steril dan sehat untuk dikonsumsi serta meningkatkan daya saing perekonomian UMKM yang ada di Kabupaten Lombok Tengah.

Program ini juga diharapkan dapat mengurangi angka stunting di Kabupaten Lombok Tengah dengan penurunan 14% pada tahun 2024.”tambahnya”

 
Bimtek dilaksanakan 2 hari dengan menghadirkan pemateri dari Balai Besar POM Kota Mataram, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa serta dari Dinas Kesehatan. Bulan Desember 2023 Balai Besar POM kota Mataram juga akan mengadakan Lomba Kemanan Pangan sebagai bentuk apresiasi kepada desa yang sudah mengikuti Bimtek Keamanan Pangan Desa.
 

Sahabat Diskominfo Lombok Tegah juga bisa memperoleh informasi terkini melalui website :
www.limboktengahkab.go.id
www.diskominfo,lomboktengahkab.go.id
Media Sosial diskominfo Kabupaten Lombok Tengah:
Youtube    : https://www.youtube.com/c/DiskominfoLombokTengah
Facebook     : https://www.facebook.com/diskominfolomboktengahkab
Instagram     : https://www.instagram.com/diskominfolomboktengah