• diskominfo@lomboktengahkab.go.id
Nest  

Lombok Tengah Sosialisai Desa Sadar Kerukunan

Lombok Tengah - Bupati Lombok Tengah (H.L. Pathul Bahri, S.IP.) membuka secara resmi kegiatan Sosialisasi model desa sadar kerukunan di Desa Ubung Kecamatan Jonggat. Selasa (28/12).

Turut hadir, perwakilan Kepala kantor wilayah Kementerian Agama Provinsi NTB, Perwakilan Kepala OPD Lombok Tengah, Perwakilan Kepala Kantor Kemenag Loteng, Camat Jonggat, Ketua MUI Lombok Tengah, Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama Kabupaten Lombok Tengah, Ketua PHDI, serta Kepala Desa Ubung.

Camat Jonggat, Moh. Syukur dalam sambutannya mengatakan Kecamatan jonggat sampai hari ini tidak pernah terdengar terjadi konflik antara umat muslim dan non muslim. “Alhamdulillah, itu menandakan bahwa di kecamatan Jonggat sudah terjalin suatu hubungan kerukunan yang luar biasa”

Pathul Berharap kearifan lokal yang ditandai dengan semangat rukun dan toleran yang telah berlangsung hingga saat ini, dapat dipertahankan bahkan ditingkatkan untuk menjadi karakter masyarakat tatas tuhu trasna.


“Kemudian yang sangat penting untuk kita sadari juga bahwa sesuai sila pertama dalam pancasila, bahwa bertaqwa kepada tuhan yang maha esa menurut agama dan kepercayaan masing-masing merupakan hal yang mutlak. Karena semua agama menghargai manusia, oleh karena itu semua umat beragama juga harus saling menghargai, sehingga terbina kerukunan hidup antar umat beragama.” Ucapnya.

Kegiatan tersebut dirangkaikan juga dengan santunan kepada anak yatim dan Penandatangan Prasasti Prototyping Desa Sadar Kerukunan.