• diskominfo@lomboktengahkab.go.id
Nest  

Meriahkan HUT RI ke 74, Kecamatan Praya Barat Gelar Pawai Karnaval

Dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 74, Pemerintah Kecamatan Praya Barat Kabupaten Lombok Tengah (Loteng) menggelar pawai karnaval. Kegiatan ini bertujuan untuk memupuk kembali makna dari kemerdekaan RI tahun 1945 silam, baik di lingkungan pemerintah kecamatan maupun kalangan masyarakat. Hal ini disampaikan Camat Praya Barat, HL. Syaharuddin, SH. MH disela-sela kegiatan karnaval, Jumat (16/08).

Dikatakannya, kegiatan tersebut juga sebagai sarana edukasi kepa.da generasi muda dan anak mengenai aneka budaya yang ada di lndonesia. Disamping itu, untuk menumbuhkan rasa nasionalisme bagi masyarakat dan lingkungan sekitar. “Kami sangat mengapresiasi antusias masyarakat yang menghadiri kegiatan ini. Dan ini hams terus kami tanamkan sebagai bentuk syukur kepada pahlawan yang telah memerdekakan negara ini,” katanya.

Disamping itu juga, masyarakat juga bisa meningkatkan perekonomiannya melalui usaha-usaha kecil, baik itu pedagang mainan, jajanan dan aneka lainnya. Mengingat sepanjang perayaan tersebut, masyarakat yang memiliki usaha musiman tumpah ruah berjualan di setiap event yang diselenggarkan. “Dengan adanya kégiatan ini, kami berharap mereka yang memiliki usaha musiman bisa menambah kebutuhan ekonominya melalui usaha yang mereka geluti,” ujamya.

 Dijelaskannya, terselenggaranya kegiatan tersebut diawali dengan pembentukan panitia yang melibatkan semua pihak, diantaranya pemerintah kecamatan, unsur pemerintah desa, karang taruna kecamatan, mahasiswa KKP dari UIN Mataram dan juga pihak Kepolisian

 dan TNI. Kemudian pihaknya melakukan sosialisasi ke masing-masing institusi pendidikan yang tersebar di Kecamatan Praya Barat mulai dari tingkat tingkat TK/Paud, SD, SMP/MTS dan umum. “Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak atas partisipasinya dalam membantu mensukseskan setiap kegiatan ini,” ungkapnya.

 Oleh karena itu, pihaknya berharap kegiatan-kegiatan seperti ini akan terus ditingkatkan kedepannya. Mengingat antusias masyarakat sangat tinggi dalam mengikuti setiap kegiatan tersebut. “lni akan terus kita lakukan setiap tahunnya. Dan kami berharap kedepan akan lebih meriah dan semarak lagi,” pungkasnya.

Sementara itu, Kasi Lomba HUT RI, Baiq Mas’arah menambahkan, untuk pawai kamaval tahun ini diikuti puluhan peserta yang terdiri dari TK/Paud sebanyak 25 peserta, SD sebanyak 47 peserta dan SMP/ Mts sebanyak 10 peserta. Dimana kegiatan tersebut star di jalan by pass Dusun Mentokok dan finish di Lapangan Umum Desa Penujak. “Alhamdulillah antusias dan semangat masyarakat sangat tinggi untuk mengikuti kegiatan ini,” jelasnya.

Adapun kegiatan yang dilaksanakan Pemerintah Kecamatan Praya Barat yakni, lomba menari kreasi dan lomba mewarnai untuk tingkat TK/Paud, gerak jalan cepat tepat untuk tingkat SD/Ml, SMP/MTs, SMA sederajat dan tingkat umum. Sedangkan untuk kesenian yakni lomba drumband dan karnaval tradisional nyongkolan. Dimana keQiatan tersebut dimulai sejak tanggal 16 sampai 18 Agustus 2019. Islp