• diskominfo@lomboktengahkab.go.id
Nest  

Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah Catat Rekor! Raih Opini WTP 11 Kali Berturut-turut

Lombok Tengah - Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) telah berhasil meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) sebanyak 11 kali secara berturut-turut. Capaian ini menjadikan Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah sebagai pemerintah kabupaten/kota pertama di Provinsi NTB yang berhasil mencapai prestasi tersebut.


Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Tengah tahun 2022 dilangsungkan di ruang kerja Kepala Perwakilan Kantor Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi NTB di Mataram pada hari Selasa, 23 Mei 2023, pukul 10.00 Wita. Acara penyerahan LHP dipimpin oleh Kepala Perwakilan Kantor BPK Perwakilan Provinsi NTB, Ade Iwan Ruswana, SE., MM., Ak., CA., CSFA.




Bupati Lombok Tengah, H. L. Pathul Bahri, S.IP., menyampaikan pernyataan mengenai prestasi yang telah diraih. Ia menyatakan, "Capaian ini adalah hasil dari kerja bareng semua pihak. Saya sebagai pelayan ini, ingin menyampaikan terima kasih kepada Inspektur Inspektorat, Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD), serta seluruh dinas yang terlibat dalam proses laporan keuangan daerah tahun anggaran 2022. Oleh karena itu, saya mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi yang seluas-luasnya kepada seluruh keluarga besar Aparatur Sipil Negara Kabupaten Lombok Tengah."


Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atau unqualified opinion artinya menyatakan bahwa laporan keuangan

entitas yang diperiksa, menyajikan secara wajar dalam semua hal yang material, posisi keuangan, hasil usaha, dan arus kas entitas tertentu sesuai dengan prinsip akuntansi yang berlaku umum di Indonesia.


WTP juga bermakna Laporan Keuangan (LK) telah disajikan secara wajar dalam semua hal yang material, posisi keuangan (neraca), hasil usaha atau Laporan Realisasi Anggaran (LRA), Laporan Arus Kas, sesuai dengan prinsip akuntansi yg berlaku umum.


Prestasi yang diraih oleh Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah menunjukkan komitmen dan kinerja yang baik dalam pengelolaan keuangan daerah. WTP ini juga menjadi cerminan transparansi dan akuntabilitas pemerintah Kabupaten Lombok Tengah.