• diskominfo@lomboktengahkab.go.id
Nest  

Progres Pengerjaan Tanah Sirkuit 81.24 Persen

PRAYA-Mandalika Grand Prix Association (MGPA) terus berpacu dengan waktu menyelesaikan pembangunan sirkuit MotoGP. "Progres nya 81,24 persen atau setara 426.375 meter persegi," kata Chief Strategic Communication Officer MGPA' Happy Harinto , kemarin (15/4).

Yang dimaksud adalah, pengerjaan tanah dan perbaikan struktur tanah dasar. Atau disebut juga lapis pondasi bawah (LPB). Bersamaan dengan itu, dikerjakan pula pembangunan tembok, atau pagar beton sepanjang 5. 177 meter. Kini progresnya setara 82,83 persen. Lalu , galian tanah trek mencapai 180.824 meter kubik, atau 79,71 persen. Kemudian pengerjaan timbunan tanah mencapai 69.206 meter kubik atau 18,34 persen.

Berikutnya areal perkantoran sudah 100 persen. Terakhir pabrik aspal sudah 72,83 persen, atau setara dengan 65.342 meter persegi. ”Kami pastikan seluruh pengerjaan sesuai target. Mohon doa dan dukungannya," ujar Happy.

Begitu lapis pondasi atas (LPA) rampung, maka dilaksanakan pengaspalan Agustus mendatang. Akhir tahun ini juga sirkuit sepanjang 4,32 kilometer dengan 3 tikungan tersebut, rampung. Itu artinya awal tahun 2021 mendatang, sudah bisa dilakukan uji coba.

Kemudian pertengahan, atau akhir tahun 2021 balapan berkelas dunia MotoGP sudah bisa digelar. MGPA berharap pembalap MotoGP dunia seperti Marc Marquez atau Valentino Rossi bisa mencoba sirkuit di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika tersebut. Terlebih itu adalah satu-satunya street race circuit cluster di dunia.

”Jadi pengerjaannya tidak terpengaruh dengan Virus Korona," terang Happy. Kendati demikian, MGPA tetap mengedepankan protokol kesehatan. Diantaranya menggunakan masker, mencuci tangan menggunakan sabun, atau hand sanitizer.

”Selain itu, penyemprotan disinfektan juga rutin kita laksanakan,” kata Managing Director The Mandalika I Wayan Karioka, terpisah. Pelaksanaannya di garis hak pengelolaan ITDC, jalur-jalur utama menuju KEK Mandalika, hingga fasilitas umum ditambah désa-desa penyangga KEK Mandalika.

Dengan begitu, seluruh aktivitas warga berjalan lancar, aman, dan nyaman. Termasuk proses pembangunan nvestasi di KEK Mandalika sesuai target. "Mari kita bersama-sama melawan Virus Korona’ serunya. (dss/r9)